Tiga Penyebab Mimisan Pada Orang Dewasa yang Perlu Diwaspadai

Mimisan atau peristiwa keluarnya darah dari bagian hidung tak hanya sering dialami oleh anak-anak saja, tapi juga bisa dialami oleh orang dewasa. Penyebab mimisan pada orang dewasa bisa dikategorikan menjadi tiga kriteria yakni penyebab lokal, sistemik dan idiopatik. Mimisan pada orang dewasa yang disebabkan oleh faktor lokal biasanya terjadi pada pembuluh darah dan mukosa hidung. Salah satu penyebab mimisan ini yakni adanya trauma pada mukosa hidung seperti hidung terkena pukulan atau benturan, kebiasaan mengorek hidung yang berlebihan atau perubahan suhu secara tiba-tiba.

Penyebab mimisan pada orang dewasa

Sementara itu penyebab sistemik merupakan salah satu penyebab mimisan tiba-tiba pada orang dewasa. Penyebab mimisan pada orang dewasa ini biasanya merupakan kumpulan dari beberapa hal yang memicu pecahnya pembuluh darah di hidung. Kelainan darah seperti pembekuan darah, penggunaan obat-obatan tertentu atau adanya permasalahan pada jantung merupakan beberapa penyebab mimisan secara sistemik. Penyebab sistemik ini juga termasuk beberapa penyakit yang bisa memicu mimisan seperti tekanan darah tinggi, tumor, penyakit hati atau demam berdarah. Beberapa penyakit dalam ini berkaitan erat dengan kerja pembuluh darah sistem pembekuan darah. Sehingga tak mengherankan jika munculnya mimisan pada orang dewasa bisa dikaitkan dengan adanya permasalahan kesehatan pada organ dalam tubuh yang lebih serius.

Sedangkan mimisan yang belum diketahui dengan jelas penyebabnya bisa dikategorikan sebagai mimisan yang disebabkan oleh penyebab idiopatik. Penyebab mimisan pada orang dewasa ini terjadi setidaknya 10% dari kasus mimisan orang dewasa.Meski sering membuat panik, mimisan sebenarnya bisa mereda dengan sendirinya setelah beberapa menit. Hal ini lazimnya terjadi pada mimisan tipe anterior atau yang terjadi pada bagian depan hidung. Namun, untuk mimisan posterior atau yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di belakang hidung jarang bisa berhenti sendiri. Untuk mengatasi mimisan pada orang dewasa tipe posterior ini, biasanya membutuhkan bantuan medis untuk menemukan sumber mimisan dan menghentikan pendarahan. Sebagai langkah penanganan sementara mimisan orang dewasa, Anda bisa menggunakan tampon penyumbat hidung yang disertai dengan obat untuk menghentikan pendarahan.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *