Penyebab Mimisan Pada Anak dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Orang tua mana yang tidak merasa panik ketika anaknya tiba-tiba mimisan? Mimisan atau pendarahan di hidung ini merupakan hal yang umum terjadi pada anak-anak usia 3 hingga 10 tahun. Tapi, sebenarnya mimisan jarang sekali menyebabkan efek kesehatan yang serius terutama jika terjadi hanya sesekali saja. Daripada panik, lebih baik segera mencari tahu penyebab mimisan pada anak dan mengambil langkah cepat untuk mengobati mimisan pada anak. Kasus mimisan yang paling banyak terjadi disebabkan oleh benturan pada hidung. Benturan ini terjadi ketika anak terjatuh sehingga hidungnya terbentur atau bisa juga karena anak sering mengorek-ngorek hidungnya terlalu lama.Hal ini bisa membuat pembuluh darah di hidung mengalami trauma hingga akhirnya mengalami pedarahan.

penyebab mimisan pada anak

Di samping itu, faktor perubahan cuaca ekstrim juga bisa menjadi penyebab mimisan pada anak. Mimisan bisa terjadi ketika si kecil bermain di bawah terik matahari kemudian masuk ke rumah yang ber-AC. Perubahan suhu yang mendadak seperti ini mengakibatkan adanya perubahan tekanan udara sehingga mengakibatkan mimisan.Kebanyakan mimisan bisa mereda dan berhenti dengan sendirinya. Namun, jika terjadi dalam frekuensi yang terlalu sering bisa jadi mimisan tersebut disebabkan oleh adanya kelainan darah seperti leukimia atau hemofilia. Hal ini tentu membutuhkan penanganan dengan segera sehingga si kecil bisa segera diobati.Beberapa penyakit infeksi seperti sinusitis atau demam berdarah juga ditengarai sebagaipenyebab mimisan. Lazimnya mimisan yang disebabkan oleh penyakit infeksi ini disertai dengan demam tinggi yang tak kunjung mereda.

Penyebab sering mimisan pada anak lainnya yakni adanya benda asing yang masuk ke dalam hidung. Anak kecil biasanya penuh dengan rasa penasaran sehingga tanpa sadar memasukkan berbagai benda ke dalam mulut maupun ke rongga hidung. Mereka biasanya memasukkan benda-benda seperti kacang-kacangan, mainan atau benda kecil lainnya. Kalau dibiarkan benda ini bisa menyebabkan infeksi dan memicu mimisan yang disertai dengan bau busuk.Untuk kasus yang membutuhkan penangan khusus, orang tua harus segera membawa anak ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Dengan memahami penyebab mimisan pada anak diharapkan kita bisa memutuskan langkah-langkah pengobatan selanjutnya dan mencegah mimisan berulang kembali.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *