Penyebab Asam Urat Tinggi Yang Perlu Diketahui

Penyebab asam urat tinggi dalam tubuh adalah penumpukan sisa zat purin di dalam sendi. Asam urat merupakan sisa dari penguraian zat purin yang seharusnya dibuang salam bentuk urine atau fases. Akan tetapi, pada beberapa kasus terjadi penumpukan akibat asam urat yang dikeluarkan sangat sedikit. Hal inilah yang menjadi penyebab sakit asam urat. Penumpukan asam urat dalam bentuk kristal tajam masuk dan mengendap di sendi – sendi sehingga mengganggu sistem lapisan lunak. Dari sinilah terjadi berbagai jenis rasa sakit, nyeri, serta radang. Salah satu faktor utama yang membuat kadar asam urat naik adalah makanan dengan kandungan zat purin tinggi.

Penyebab Asam Urat Tinggi

Makanan yang mengandung zat purin dan kerap menjadi penyebab asam urat tinggi adalah jeroan, seafood, serta daging terutama dengan kandungan lemak tinggi. Selain itu, zat gula terlalu banyak juga akan bisa membuat seseorang terkena asam urat. Selain dari makanan, resiko asam urat juga bisa ditemukan pada orang – orang yang menjalani pengobatan ginjal kronis, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, psoriasis, sindrom metabolisme, dan kolesterol tinggi. Karena pengobatan medis yang dijalankan mempunyai efek samping tertentu, jadi dari segi makanan harus dipola lebih sehat supaya tidak mudah terkena asam urat. Jika terjadi komplikasi, maka rasanya bisa sangat menyiksa.

Sebenarnya, nilai asam urat normal berapa sudah ditentukan secara klinis. Kadar asam urat pada wanita yang normal adalah 2,4 – 6 mg / dL. Sedangkan bagi pria, kadar asam urat yang normal berkisar di antara 3,4 – 7 mg / dL. Pemeriksaan asam urat biasanya dibarengi dengan pemeriksaan lain seperti tekanan darah, gula darah, kadar kolesterol dan seluruh komponen lain. Jadi, jika terjadi masalah misalnya asam urat, akan lebih bisa ditelaah apa yang menjadi penyebab asam urat tinggi tersebut. Intinya, pola hidup sehat dari segi makanan dan olahraga sangat penting untuk menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Konsumsi air putih juga sangat membantu meluruhkan asam urat sebagai zat sisa untuk dibuang melalui sistem ekskresi.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *