Obat Kolesterol dan Asam Urat Baik Herbal Maupun Medis

Salah satu masalah yang kerap menimpa seseorang dengan pola makan kurang sehat adalah kolesterol serta asam urat. Kolesterol dan asam urat merupakan dua penyakit yang saling berkaitan karena berhubungan dengan masalah penyumbatan pembuluh darah serta sendi. Hal ini tentu bisa mengganggu produktifitas seseorang. Untuk mengatasinya, harus ada obat kolesterol dan asam urat yang bisa di dapatkan dari herbal maupun medis. Untuk mendapatkan resep obat asam urat, penderita perlu berkonsultasi dulu dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan sesuai keluhannya. Pada umumnya, obat medis yang akan diberikan mempunyai fungsi diuretik atau membuat asam urat lebih mudah terbuang bersama air seni.

obat kolesterol dan asam urat

Selain efek diuretik, obat kolesterol dan asam urat juga mempunyai sifat menekan jumlah kolesterol dan asam urat dalam tubuh sehingga tidak sampai menyebabkan masalah. Ada pula beberapa obat yang dioleskan seperti gel, jadi fungsi obat ini adalah menekan rasa sakit atau nyeri yang dihasilkan oleh penumpukan kolesterol maupun lemah di bagian tubuh tertentu. Kolesterol biasanya menumpuk di pembuluh darah dan asam urat biasanya di bagian sendi – sendi alat gerak. Selain obat medis, ada juga beberapa tanaman untuk asam urat yang berfungsi sebagai obat alami atau herbal.

Contoh tanaman yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh seseorang adalah Brotowali. Cara mengolah Brotowali cukup mudah yaitu dengan merebus dan menyaring airnya. Selain Brotowali, ada sederet nama – nama tanaman obat kolesterol dan asam urat seperti Kumis Kucing, Sambiloto, Daun Salam, Jahe Merah, Teh Hijau dan Sidaguri. Untuk Daun salam dan Jahe merah, maka pengolahannya bisa dicampur aneka masakan. Sedangkan Teh Hijau bisa diseduh atau dicampur dengan madu dan lemon. Dengan mencampurkan teh hijau dengan madu dan lemon, maka rasa sepatnya akan berkurang sehingga lebih enak dikonsumsi. Yang paling penting, jauhi makanan berlemak yang bisa menimbulkan reaksi kolesterol dan asam urat secara berlebihan. Kurangi juga olahan dari minyak goreng yang tidak mudah dicerna tubuh.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *