Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Dihindari

Penyakit asam urat yang ditandai dengan munculnya rasa nyeri di persendian lazim diderita oleh pria wanita berusia lanjut. Selain faktor umur, penyakit ini juga sering disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu. Makanan penyebab asam urat ini biasanya merupakan makanan yang banyak mengandung zat purin. Zat purin ini bisa ditemukan di makanan tinggi asam urat yang kita temui sehari-hari seperti daging, buah-buahan dan sayuran. Sayangnya, tak semua orang mengetahui makanan apa saja yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Apabila Anda memiliki riwayat penyakit asam urat, sebaiknya ketahui makanan apa saja yang memicu kenaikan asam urat. Hal ini penting sebab tingginya kadar asam urat yang tidak disadari oleh penderita bila dibiarkan bisa memicu permasalahan ginjal yang serius.

makanan penyebab asam urat

Jenis makanan harian seperti jeroan, makanan laut, bir, alkohol, kopi, ikan asin, minuman bersoda dan kacang-kacangan ditengarai sebagai penyebab sakit asam urat. Hal ini terjadi apabila makanan penyebab asam urat tersebut dikonsumsi secara berlebihan. Jenis makanan jeroan seperti hati, ampela, paru, otak, usus, dan lidah ayam atau sapi merupakan makanan kesukaan masyarakat Indonesia. Tapi, konsumsi makanan ini secara berlebihan memicu penyakit asam urat terutama bagi orang lanjut usia. Demikian pula dengan makanan laut seperti ikan teri, sarden, salmon, tuna, cumi-cumi dan sotong. Makanan ini memiliki kandungan mineral, protein dan vitamin yang tinggi, tapi juga memiliki kandungan zat purin yang tinggi. Jadi, sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki riwayat sakit asam urat.

Sayuran seperti kangkung, bayam, asparagus dan melinjo juga ditengarai sebagai makanan penyebab asam urat karena memiliki kandungan zat purin yang tinggi. Demikian pula dengan kacang-kacangan seperti kacang mete, kedelai dan kacang hijau. Makanan ini memang menyehatkan, namun berbahaya bagi penderita asam urat. Bagi penderita asam urat, sebaiknya batasi konsumsi makanan ini terutama jika sudah muncul gejala-gejala asam urat seperti linu-linu di persendian jari tangan dan kaki. Kombinasikan dengan minum air putih yang cukup agar kumpulan natrium urat bisa larut dan tidak mengendap di persendian.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *