Kenali Makanan Pantangan Asam Urat Supaya Tidak Kambuh

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita orang – orang berusia lanjut. Tetapi, karena perubahan pola makan dari masa ke masa, saat ini seseorang yang masih berusia 20 atau 30 tahunan pun bisa menderita asam urat. Banyak faktor yang menyebabkan asam urat, salah satunya adalah pola hidup kurang sehat. Ada beberapa jenis pantangan makan asam urat yang harus dihindari. Terutama jika seseorang sudah positif memiliki asam urat tinggi, maka makanan pantangan asam urat harus sangat dikurangi atau tidak dikonsumsi sama sekali agar tidak menyebabkan kambuh. Contoh dari makanan tersebut adalah makanan – makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

makanan pantangan asam urat

Seafood terutama udang dan cumi adalah jenis – jenis makanan pantangan asam urat. Makanan tersebut memang banyak kandungan gizinya terutama untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Tetapi bagi penderita penyakit asam urat makanan tersebut akan menyebabkan rasa pegal dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh terutama sendi – sendi kaki atau tangan. Ukuran asam urat normal bisa langsung melonjak dan menyebabkan berbagai gejala kurang menyenangkan seperti nyeri di bagian sendi, kesemutan, hingga kaku di bagian anggota gerak. Jika dibiarkan terus, asam urat bisa meradang dan menyebabkan gangguan kronis lain. Oleh karena itu, saat sudah terkena asam urat kedua jenis seafood tersebut sebaiknya benar – benar dihindari.

Selain seafood, makanan lain yang mengandung kolesterol tinggi adalah bebek, ikan bandeng, dan sumsum. Dengan banyaknya kandungan kolesterol dalam makanan – makanan enak di atas, maka sebaiknya jangan sampai tergiur. Ayam broiler juga bisa menjadi makanan pantangan asam urat. Tetapi jika ingin mengkonsumsi ayam, penggunaan ayam kampung bisa lebih aman karena lemak jenuhnya tidak sejahat pada ayam broiler. Untuk ikan bandeng, gantilah olahan dengan jenis ikan yang lain, misalnya mujair atau nila. Karena ikan bandeng memang bisa menyebabkan rasa nyeri serta kesemutan sebagai bentuk gejala naiknya kadar asam urat. Mengkonsumsi sayur dan buah secara teratur dapat membantu menetralisir penggumpalan asam urat di sendi.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *